Pramuka kwartir cabang kota surakarta>

Habis Tangani Banjir di Joyosuran, Pramuli Solo Langsung Ikut SAR di Klaten

Situasi banjir di Joyosuran, Minggu (31/10/2021) | dok Tagana Solo

Pramuka Solo – Relawan Pramuka Peduli Kwarcab Solo, merespons dua laporan yang terjadi Minggu (31/10/2021). Minggu sore mereka membantu warga Kelurahan Joyosuran, Kecamatan Pasarkliwon, Solo. Setelah banjir surut, mereka bertolak ke Klaten untuk membantu misi SAR di Rowo Jombor, Klaten.

Nino Sativara dan Aura Jiwo Insani, dua anggota Pramuli yang ditemui Humas Kwarcab memaparkan, banjir di Joyosuran terjadi pukul 17. Hujan deras membuat Kali Jenes yang bermuara di Bengawan Solo meluap.

“Luapannya cepat naik, ada yang sampai setengah meter. Tapi juga cepat surut. Mungkin karena tinggi permukaan air di Bengawan Solo masih normal, jadi luapan Kali Jenes segera surut,” tutur Nino.

Nino memaparkan, saat datang di Joyosuran, mereka menghadapi medan genangan yang gelap, sedangkan permukiman terletak di antara gang-gang sempit. Banjir juga menghanyutkan lumpur dan sampah, menghambat pergerakan relawan.

Sekitar 20, banjir surut. Tim Pramuli pun kembali mendapat informasi kecelakaan SAR di Rowo Jombor, Klaten. Korbannya Agung Wibowo (25) warga Mranggen, Desa Dukuh, Kecamatan Bayat, Klaten.

“Survivor (sebutan korban dalam kejadian SAR) dilaporkan tenggelam Minggu sore pukul 16. Penuturan saksi, dia berenang di Rawa Jombor mengejar rakit. Tapi kelelahan dan kemudian tenggelam, ” ujar Linggar Mahez Setyawan.

Operasi SAR di Rawa Jombor sudah berlangsung sejak sore, di bawah koordinasi Basarnas Pos Surakarta dan SAR Klaten. Sejumlah organisasi relawan turut bergabung dalam misi tersebut.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*